Prinsip Berkendara Saat Mudik Untuk Menjaga Keselamatan

Bukan sebuah rahasia lagi jika saat ini semakin banyak jumlah kendaraan bermotor di dunia. Bisa dipastikan semakin bertambahnya jumlah kendaraan yang ada, maka tingkat kecelakaan di jalan raya pun kian bertambah. Karena itu sangatlah penting bagi kita untuk menjaga keselamatan sejak dini. Menjelang hari raya seperti ini, jalur mudik pun kian memadatkan jalanan. Karena itu kita harus benar-benar berhati-hati dalam berkendara.


mobil mudik

Untuk meningkatkan keselamatan kita saat berkendara di jalan raya, kami sudah siapkan beberapa prinsip yang harus kita terapkan saat mengendarai kendaraan. Berikut prinsip-prinsip tersebut.



Pelan-pelan (Slow)


Untuk menjaga keselamatan dalam berkendara, sangat dianjurkan bagi pengendara untuk memperlambat laju mereka saat melewati area pemukiman, cuaca yang buruk, serta memasuki tikungan. Kita tahu jika semakin pelan kita dalam berkemudi, maka peluang terjadinya kecelakaan akan semakin besar.



Mengendara dalam kondisi sadar (Sober)


Ingat, saat berkendara pastikan kita dalam keadaan sadar atau tidak dalam keadaan pengaruh minum-minuman beralkohol dan juga obat-obatan terlarang sedikit pun. Selain itu juga, pastikan kita tidak menumpang pada mereka yang tengah di bawah pengaruh obat-obatan dan minuman keras.



Aman (Secure)


Dalam berkendara pastikan jika kita ataupun penumpang yang lainnya mengenakan perangkat keamanan yang lengkap, seperti sabuk pengaman misalnya. Dengan mengenakan perangkat keamanan seperti ini, setidaknya kita dapat mengurangi resiko terparah saat terjadi kecelakaan.



Berkendara dalam keadaan yang tenang atau senyap (Silent)


Sering kali pengendara melakukan atau bahkan menerima panggilan telepon atau SMS sedang mengendara di jalanan. Kami sarankan posel kita nonaktifkan saja. Atau jika tidak ingin di nonaktifkan, bisa kita atur dengan mode silent. Selain itu juga, pastikan kita tidak mengobrol dengan rekan kita ketika sedang mengendara. Karena hal ini akan merusak konsentrasi kita saat tengah mengendara.



Tetap Waspada (Sharp)


Saat mengendarai mobil ketika mudik, kita harus tetap waspada meski dalam keadaan jalanan yang sepi sekalipun. Pastikan kita tidak sedang mengendarai mobil dengan keadaan yang lelah atau mengantuk. Jika kita tengah lelah atau mengantuk, lebih baik jika kita beristirahat terlebih dahulu. Selain itu juga, berkendara dalam keadaan pengaruh obat juga sangat berbahaya bagi keselamatan.



Kelengkapan surat-surat


Saat hendak berangkat mudik, pastikan kelengkapan surat-surat mobil kita tersedia semua.



Patuhi rambu lalu lintas


Bukan sebuah rahasia lagi jika terkadang sering ada saja pengendara nakal yang tidak mau mematuhi rambu-rambu lalu lintas. Padahal, rambu-rambu lalu lintas ini sangat membantu kita saat tengah dalam perjalanan. Sering kali terjadi kecelakaan lalu lintas yang diakibatkan oleh kecerobohan karena tidak mematuhi rambu-rambu lalu lintas.

Prinsip Berkendara Saat Mudik Untuk Menjaga Keselamatan Prinsip Berkendara Saat Mudik Untuk Menjaga Keselamatan Reviewed by Vicky Andra Putra on 10:40 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.